Pages

Senin, 19 Desember 2011

Alasan Manusia Lebih Berempati pada Hewan

INILAH.COM, London – Sebuah hasil studi mengungkap fakta mengejutkan. Banyak orang mengaku lebih mudah berempati pada hewan atau bahkan mobil dibanding gelandangan atau pecandu narkoba.

Temuan Duke University di North Carolina dan Princeton University di New Jersey ini memberi pandangan mengapa penjahat seperti Hitler, Pol Pot dan Stalin bisa dengan mudah menyiksa sesama manusia.

Temuan ini mengungkap betapa mudahnya manusia bisa merendahkan orang yang dianggap di bawah kita hingga pada titik kita bisa melupakan mereka juga memiliki perasaan.

Menurut tim ahli ini, manusia mampu mengesampingkan bagian otak yang berfungsi untuk interaksi sosial saat berhadapan orang yang tak disukai. Untuk alasan ini, banyak orang yakin ‘mudah menganggap kognisi sosial sebagai keyakinan dalam kehidupan internal layaknya emosi pada hewan dan mobil namun akan menghindari kontak mata dengan gelandangan di jalanan’.

Temuan ini diketahui setelah tim ahli melakukan penelitian pada 100 mahasiswa yang merespon beragam gambar orang.

“Hal ini dinamakan ‘persepsi dehumanisasi’ atau gagal menilai orang. Temuan ini mampu membantu menjelaskan mengapa terkadang orang bisa menyepelekan seseorang dengan mudah,” tutup profesor Lasana Harris seperti dikutip DM. [mor]

0 komentar:

Posting Komentar